Field Trip Kelas 3




Pada hari Senin, 23 Oktober anak-anak kelas 3 SD Tunas Bangsa Citra 3 mengikuti kegiatan Field Trip ke Godong Ijo, Bogor. Pada tema kali ini, anak-anak belajar mengenai global warming beserta pemeliharaan lingkungan alam sekitar. Spesial untuk kali ini, anak-anak datang pada pukul 6:00 pagi dan berangkat pada pukul 6:30. Sesampainya di Godong Ijo, para murid dan guru disuguhi dengan donat dan teh hangat ala Godong Ijo sambil menonton video mengenai pemanasan global yang terjadi di dunia. Meskipun sederhana, kegiatan ini diharapkan mampu membuat anak-anak lebih waspada terhadap keadaan lingkungan dan alam sekitarnya bahwa bumi kita ini dalam keadaan kritis dan perlu dijaga.

Seusai menonton video anak-anak diajarkan cara untuk memperbanyak tanaman dengan cara mencangkok. Mereka terlihat antusias mendengarkan dan penuh perhatian ketika guide menjelaskan langkah-langkah mencangkok. Tidak puas hanya dengan menonton, anak diajak untuk mencangkok langsung tanaman yang sudah disediakan. Meskipun hanya dengan sekali penjelasan, mereka dapat mencangkok tanaman mereka sendiri dengan baik. Usai kegiatan mencangkok tanaman, anak-anak belajar membuat lilin warna warni. Dengan bimbingan guide mereka melelehkan paraffin, memberi warna, dan menuang cairan ke dalam gelas yang disediakan. Tidak berhenti sampai disini, acara berlanjut dengan kegiatan melukis payung sesuai dengan kreatifitas mereka. Pada field trip kali ini, anak-anak diajak untuk terus aktif melakukan hal-hal yang mampu mengasah kreatifitas seperti membuat lilin dan melukis payung. Tidak lupa juga untuk menambah wawasan mereka terhadap lingkungan yang diwujudkan lewat menonton video dan mencangkok tanaman.

Acara dilanjutkan dengan makan siang bersama-sama dengan sayur sebagai menu utama. Setelah itu anak-anak diajak untuk bermain permainan tradisional seperti bakiak, yoyo, gasing, dan egrang batok. Selaras dengan pengengetahuan alam, anak-anak juga diajak untuk berkeliling dan mengenal hewan yang ada di Godong Ijo seperti ular, kura-kura, iguana dan burung unta. Mereka sangat senang memberi makan hewan-hewan tersebut, terlebih lagi saat mereka membersihkan cangkang kura-kura. selanjutnya anak-anak berkeliling kebun dan menyiram tanaman. Acara ditutup dengan istirahat dan makan snack siang lalu dilanjutkan dengan doa pulang.


Copyright © 2017. Tunas Bangsa